Personil Kepolisian Dikerahkan Perketat Perbatasan Provinsi Cegah Pemudik Lebaran

0
4

POLMAN- Untuk mengoptimalkan fungsi posko yang didirikan sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah, terkait larangan mudik lebaran 2021 di masa pandemi COVID-19, puluhan personil kepolisian dari Polres Polewali Mandar dikerahkan, menghalau para pemudik.

Berdasarkan pantauan wartawan, puluhan kendaraan dari arah Sulawesi Selatan, baik roda dua maupun roda empat yang digunakan para pemudik, langsung dihentikan saat melintasi jalur ini.

Pemudik yang tidak dapat menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19, ataupun surat jalan dan lain sebagainya, langsung diminta untuk memutar balik.

Terlihat pula sejumlah emak-emak bersepeda motor yang diminta memutar balik, setelah gagal menerobos barikade penjagaan berlapis petugas.

Kapolres Polewali Mandar, AKBP Ardi Sutriono menegaskan, penyekatan dilakukan untuk mengantisipasi pemudik, ‘’ Inikan menghindari, supaya tidak ada pemudik yang masuk di Polewali Mandar, khususnya Sulawesi Barat, ‘’ ujar Ardi kepada wartawan di posko penyekatan, Kamis siang (06/05/2021).

Ardi mengaku telah mengidentifikasi semua jalur tikus di daerah ini. Ia memastikan tidak ada jalur yang dapat dilalui pemudik,’’ Jangankan jalur tikus, jalur semut juga sudah kita antisipasi. Jangan mudik, jangan untuk mencari-cari alasan, aturan sudah jelas, sudah jauh-jauh kita lakukan upaya sosialisasi,’’ ungkapnya.

Ia memastikan, akan memberikan sanksi tegas bagi siapapun pemudik yang mencari-cari alasan untuk melintas,’’ Sanksinya sudah jelas, suruk balik kanan,’’ pungkas Ardi sembari menghalau kendaraan yang melintas.

Selain menghentikan kendaraan umum baik roda empat maupun roda dua, polisi juga melakukan pemeriksaan ketat terhadap sejumlah kendaraan angkutan logistic, yang dikhawatirkan membawa pemudik dengan cara bersembunyi pada bagian belakang mobil. (fa/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here