Pengabdian Babinsa, Menyeberangi Sejumlah Sungai untuk Edukasi Prokes di Wilayah Pelosok

    0
    3

    DIA Seorang anggota TNI dari Kodim 1402 Polman. Namanya Serda Suparman, rela menempuh medan berat sejauh puluhan kilometer, demi mengedukasi dan membantu meringankan beban warga yang terdampak pandemi virus corona.

    Selain itu, Serda Suparman juga harus mengambil resiko, menyebrangi sejumlah sungai dengan rakit, hingga kerap menerobos arus sungai berarus deras menggunakan sepeda motor.

    Walau terkadang merasa lelah, Serda Suparman mengaku enggan menyerah. Dia tetap bersemangat, sebagai wujud bakti kepada NKRI, yang hingga saat ini masih harus berjuang agar terbebas dari virus corona.

    “ Memang saya sempat kaget juga melihat kondisi wilayah yang ada. Kadang kita harus melintasi banjir, karena memang di sini sangat rawan bencana alam seperti banjir. Seperti yang kita ketahui bersama perjalanan ke sini melintasi beberapa sungai, tapi dari segi tugas, apapun itu harus dilaksanakan dengan ikhlas,” kata Suparman kepada wartawan, Senin siang (16/08/21).

    Dalam menjalankan tugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa), lanjut kata Suparman, dirinya harus berpegang teguh pada sapta marga dan sumpah prajurit.

    “ Karena pedoman kami sebagai Babinsa yang selalu berpegang teguh pada sapta marga dan sumpah prajurit, dan 8 wajib TNI, seberat apapun tugas itu yang penting kita laksanakan dengan tulus dan ikhlas, Insya Allah semua bisa kita lalui dengan senang, “ ungkap pria berusia 40 tahun itu.

    Sudah hampir dua tahun lamanya, Serda Suparman bertugas sebagai Babinsa di Desa Kalumammang, Kecamatan Alu, Kabupaten Polewali Mandar.

    Desa Kalumammang, berjarak sekira 70 kilometer, dari tempat tinggal Serda Suparman di Kelurahan Wattang, Kecamatan Polewali. Kerap ditempuh dengan waktu 2 jam menggunakan sepeda motor.

    Sejak pandemi virus corona melanda, hampir setiap hari, Serda Suparman mendatangi desa binaannya. Selain untuk memastikan warga setempat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, juga untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak pandemi virus corona.

    “ Alhamdulillah, upaya kami sesuai apa yang kita lihat. Tingkat kepatuhan warga sudah lumayan, meskipun mungkin masih ada juga segelintir orang yang kadang malas memakai masker, itu tetap kita edukasi, untuk memutus rantai covid-19, “ tutur ayah dua anak ini.

    Perjuangan Serda Suparman mengedukasi warga akan pentingnya penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan terlibat dalam aktifitas sejumlah kelompok wanita di daerah ini, yang berprofesi sebagai penambang pasir sungai. Seolah tidak gengsi, Serda Suparman ikut menambang pasir, sembari memberikan motivasi kepada warga agar semangat bekerja.

    “ Itu panggilan hati, karena kami TNI selalu berprinsip, rakyat itu ibu kandung TNI, TNI itu sahabat rakyat, jadi kita selalu berupaya mengatasi kesulitan rakyat di sekeliling kita. Untuk masalah gengsi, saya rasa tidak, karena kami malah bersenang hati, apabila bisa menyatu dengan masyarakat, “ jelasnya bersemangat.

    Tidak jarang Serda Suparman juga harus berjalan kaki melewati kawasan perkebunan, untuk menyalurkan bantuan bahan pokok kepada warga yang sangat merasakan dampak akibat pandemic virus corona. Bantuan yang disalurkan tidak hanya diperoleh Suparman, dari kantor tempatnya berdinas, juga dari pemerintah setempat, hingga titipan sejumlah donator.

    “ Saya hanya berusaha membantu, menyalurkan amanah, baik dari Pimpinan, pemerintah maupun dari para dermawan yang memiliki kepedulian sama. Untuk meringankan beban saudara-saudara kita, yang hidupnya kesulitan sejak adanya virus corona, “ terang Suparman, yang pernah bertugas di Sudan-Afrika, sebagai Satgas Garuda Unamid XXXV-A pada tahun 2015-2016.

    Menanggapi upaya Serda Suparman untuk mengedukasi dan membantu warga di masa pandemi virus corona, mendapat apresiasi positif dari pemerintah setempat.

    “ Jadi selama kehadiran Babinsa pak Suparman di desa Kalumammang, Alhamdulillah baik dari kami pemerintah desa, mewakili masyarakat merasa senang atas kehadiran beliau, karena beliau selama bertugas di sini betul-betul aktif dan selalu ada untuk masyarakat yang ada di sini, “ pungkas Sekretaris Desa Kalumammang, Samsir, SIP.

    Saat wartawan berkesempatan mengikuti aktifitasnya, berulang kali Serda Suparman terlihat turun tangan mengendalikan rakit, yang ditumpangi warga untuk seberangi sungai. Seolah tidak merasa gengsi, ia juga aktif membantu menarik dan memindahkan sepeda motor warga, dari bibir sungai ke atas rakit ataupun sebaliknya. Kesempatan ini juga dimanfaatkan Serda Suparman, untuk mengedukasi warga akan pentingnya penerapan protokol kesehatan, salah satunya memakai masker saat beraktifitas. Ia juga aktif membagikan masker kepada setiap warga, yang didapati tidak memakai masker.(Fadiah Azis)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here