28.2 C
Mamuju
Monday, 23 November 2020

Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE BPOM di Mamuju Ketat 3M

Harusbaca

Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE BPOM di Mamuju Ketat 3M

Mamuju, Fakta79 - BPOM bekerjasama dengan anggota Komisi IX DPR RI Andi Ruskati Ali Baal kembali melaksanakan...

Penyelundupan Sabu 5 Kg di Sulbar Digagalkan

Mamuju, Fakta79 - Polda Sulawesi Barat (Sulbar) menggagalkan upaya penyelundupan sabu asal Palu, Sulteng. Dalam kasus tersebut,...

Indonesia Punya Peran Besar dalam Pertumbuhan Ekonomi Islami Dunia

Jakarta, Fakta79 – Pademi Covid-19 selama 2020 telah menekan pertumbuhan ekonomi berbagai negara, termasuk pada sektor industri...

Mamuju, Fakta79 – BPOM bekerjasama dengan anggota Komisi IX DPR RI Andi Ruskati Ali Baal kembali melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi. Kali ini Pemberdayaan Masyarakat melalui KIE dilaksanakan di Kabupaten Mamuju setelah kabupaten Polman.

Dalam pelaksanaannya panitia ketat pada protokol kesehatan 3M. Peserta wajib Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun dan Memakai Masker dengan benar. Peserta yang tidak taat pada protokol kesehatan tidak diperkenankan mengikuti kegiatan tersebut.

Yan Hermawan kepala Sub Direktorat Pengamanan Obat dan NPPZA BPOM Pusat mengatakan kegiatan ini sangat penting diadakan, untuk menambah wawasan masyarakat tentang obat dan makanan yang layak dikonsumsi.

“Obat dan Makanan jika tidak memenuhi standar kesehatan maka tidak boleh dikonsumsi. Sebaiknya, sebelum mengkonsumsi obat dan produk makanan lakukan dulu cek KLIK. Cek KLIK itu ialah cek Kemasan, cek Label, cek Izin Edar dan cek Kadaluarsa. Pastikan kita memeriksa empat point ini sebelum digunakan,” jelas Yan Hermawan.

Yan Hermawan juga memperkenalkan tugas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

“Peredaran obat dan makanan itu kami awasi. Di Sulawesi Barat sendiri ada Balai POM di Mamuju, dan BPOM disini juga aktif melakukan razia,” ucapnya.

“Jika ada temuan obat dan makanan yang tidak memenuhi standar silahkan hub BPOM di Mamuju,” tambahnya.

Penggunaan obat dari luar diantaranya adalah kosmetik. Kosmetik
merupakan produk yang saat ini banyak beredar tanpa izin resmi. Bahkan beberapa kasus ditemukan penggunaan kosmetik yang justru memberi efek buruk karena mengandung zat yang berbahaya.

Yan Hermawan menegaskan agar selalu lakukan cek KLIK sebelum membeli produk agar terhindar dari hal yang merugikan.

“Produk kosmetik juga harus ada BPOMnya. Silahkan diperiksa sebelum membeli. Jika tidak ada maka jangan dibeli,” tambahnya.

Khalil Gibran, perwakilan masyarakat mengatakan bahwa Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi ini sangat positif, mengingat minimnya pengetahuan masyarakat tentang ibat dan makanan yang layak dikonsumsi.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar bapak dan ibu yang hadir dapat menambah wawasan dan lebih paham seperti apa obat dan makanan yang layak dikonsumsi dan mana obat dan makanan yang dapat merugikan jika digunakan,” ungkap Khalil Gibran pengurus partai Gerindra Sulawesi Barat ini.

Pemberdayaan Masyarakat melalui KIE ini ditutup dengan pemberian seribu paket sembako oleh tim kepada peseŕta dari anggota komisi IX DPR RI Andi Ruskati Ali Baal. (fa)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Terbaru

Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE BPOM di Mamuju Ketat 3M

Mamuju, Fakta79 - BPOM bekerjasama dengan anggota Komisi IX DPR RI Andi Ruskati Ali Baal kembali melaksanakan...

Penyelundupan Sabu 5 Kg di Sulbar Digagalkan

Mamuju, Fakta79 - Polda Sulawesi Barat (Sulbar) menggagalkan upaya penyelundupan sabu asal Palu, Sulteng. Dalam kasus tersebut, polisi mengamankan seorang tersangka dengan...

Indonesia Punya Peran Besar dalam Pertumbuhan Ekonomi Islami Dunia

Jakarta, Fakta79 – Pademi Covid-19 selama 2020 telah menekan pertumbuhan ekonomi berbagai negara, termasuk pada sektor industri halal. Pandemi ini diperkirakan menyebabkan...

Wujudkan Transmigrasi Sebagi Pusat Kawasan Pertumbuhan Ekonomi

Mamuju, Fakta79 - Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat senantiasa melakukan inovasi baru dan mendekatkan diri kepada para warga transmigrasi pada 6 daerah...

NU dan Muhammadiyah Tolak HTI

Mamuju, Fakta79 - Lembaga ESENSI Sulawesi Barat menggelar webinar melalui aplikasi zoom yang diikuti ormas islam. Topik dalam...
- Advertisement -

Berita serupa

- Advertisement -