PDIP Disebut Tak Akan Koalisi dengan Demokrat dan PKS di Pilkada Serentak 2020

0
232

Jakarta, Fakta79 – Pada perhelatan pilkada serentak 2020, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak akan berkoalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP, Djarot Saiful Hidayat. Keputusan tersebut diambil mengingat kedua partai itu berada di luar pemerintahan.

“Partai mengambil keputusan atas dasar pertimbangan ideologis bagaimana pancasila dijalankan dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Aspirasi untuk tidak bekerja sama dengan Partai Demokrat dan PKS banyak saya terima,” ujarnya, Minggu (19/7/2020) dikutip dari berbagai sumber.

Keberadaan Partai Demokrat dan PKS di luar pemerintahan, dikatakannya, baik untuk demokrasi. Djarot menjelaskan, kerja sama parpol dalam pilkada 2020 merupakan embrio kerja sama Pemilu 2024 yang akan datang.

“PDI Perjuangan terus kedepankan semangat gotong royong dan siap bekerja sama dengan parpol pendukung Pemerintah”, katanya. Ia mengatakan sikap PDIP tersebut sebagai reaksi atas mesranya Demokrat dan PKS di luar pemerintahan sebagai oposisi.

“Sikap politik antara Partai Demokrat dan PKS justru memberikan peta ke depan bagaimana kedua partai tersebut semakin beriringan dalam kerja sama politik yang berbeda dengan arah PDIP,” tambahnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here