ARUS : Sosialisasikan Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE Obat dan Makanan

0
7

Polman, fakta79.net — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan.

BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Obat dan Makanan terdiri atas obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan.

Guna meningkatkan efektivitas pengawasan Obat dan Makanan, Balai POM Mamuju bekerja sama dengan Anggota Komisi IX DPR RI melaksanakan Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan.

Kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi Informasi (KIE) Obat dan Makanan berlangsung di Desa Buku Kecamatan Mapilli Kabupaten Polman, Minggu 11 Juli 2021. dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan di masa Pandemi Covid 19 mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

Dalam Materi Anggota DPR RI Komisi IX asal pemilihan Sulbar Hj. Andi Ruskati (ARUS) memaparkan bahwa, Peduli Kosmetik Aman, sebaiknya kita harus cerdas memilih produk sebelum membeli dan menggunakannya. Jika tidak direkomendasikan oleh BPOM maka sebaiknya jangan digunakan, janganlah kita tergiur kecantikan yang instan tapi bisa baerakibat buruk pada tubuh beberapa waktu kedepan yang tentunya akan membuat penyeselan bagi kita.

Ia mengharapkan dan meminta masyarakat tidak mudah tertipu dengan klaim Obat Tradisional yang berlebihan terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19. Jadi masyarakat perlu cerdas dalam memilih Obat dan Makanan, antara lain dengan menerapkan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) saat membeli produk obat dan makanan,”Ucap Andi Ruskati Ali Baal.

Masih kata ARUS sapaan akrab anggota parlemen dari Provinsi Sulbar ini juga menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan siang ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan pengetahuannya dalam memilih dan menggunakan Obat dan Makanan yang aman, bermutu dan bermanfaat.

Netty Nutmuliawati,” 5 Kunci Keamanan Pangan Keluarga yang harus kita perhatikan dalam penggunaannya, seperti yang suda disampaikan oleh Anggota DPR RI komis IX Andi Ruskati Ali Baal.

Sementara itu, Kepala Balai POM di Mamuju, Lintang Purba Jaya menyampaikan saat sosialisasi bahwa Kami hadir disini (BPOM) bersama wakil rakyat DPR RI Komisi IX Andi Ruskati Ali Baal untuk memberikan informasi, komunikasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengetahui keamanan produk sebelum digunakan.

Kami juga bersedia memberikan pendampingan pada masyarakat atau UKM yang berniat mendaftarkan produknya untuk mendapatkan rekomendasi BPOM. dalam menjalankan fungsi pengawasan Obat dan Makanan, diperlukan partisipasi aktif dari masyarakat agar obat dan makanan yang beredar aman, bermutu, dan bermanfaat.”Ucap Kepala Balai POM Mamuju. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here