Andi Ruskati Ali Baal: Sangat Penting Pendidikan Awal Pertumbuhan Anak

0
14

Mamuju, Fakta79.net- Pendidikan awal masa pertumbuhan anak sangat penting. Pada usia dini, otak berkembang dengan sangat cepat. Otak juga dapat menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengar, tidak hanya yang baik-baik saja, akan tetapi juga yang kurang baik. Semua itu diserap tanpa terkecuali.

Demikian antara lain sambutan Bunda Paud Sulbar, Hj Andi Ruskati Ali Baal, dalam kegiatan Pembinaan Minat dan Kreatifitas Siswa (Gebyar Paud) Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2021, Sabtu (12/6).

“Masa itu adalah masa-masa dimana perkembangan fisik, mental dan spritual anak akan mulai terbentuk. Banyak yang mengatakan ini adalah the golden age (masa emas) bagi seorang anak,” urai Andi Ruskati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Barat, Prof Gufron, menyebutkan kegiatan Gebyar Paud adalah momentum tepat meningkatkan kreatifitas anak mengembangkan intelektual, ketrampilan dan budaya. Pendidikan anak usia dini termasuk anak TK, sangat penting membentuk karakter anak yang kokoh, tegar dan mandiri menghadapi tantangan jaman global.

“Berdasarkan survei, 90% otak anak terbentuk di usia lima tahun atau disebut Golden Age. Di usia inilah masa berkembangnya anak-anak menentukan arah karakter akan terbentuk,” kata Gufron.

Sebagai Bunda Paud, Andi Ruskati, menegaskan dirinya bertanggung jawab atas keberlanjutan masa depan anak. Karenanya, ia meminta semua komponen yang hadir dalm kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, terutama kepada para guru Paud dan orang tua serta masyarakat secara keseluruhan untuk terus melakukan pembinaan kepada anak-anak memberikan rangsangan pendidikan.

“Sebagai Bunda Paud, saya meminta kepada para guru dan orang tua serta masyarakat tentunya membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. Dengan begitu, masa depan anak-anak kita akan gemilang,” ucap Andi Ruskati.

Lebih jauh ia menyampaikan, pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan upaya pembinaan dan perkembangan anak agar saatnya nanti mereka memiliki kesiapan mental memasuki pendidikan tingkat lanjut. PAUD akan mengantar mutiara bangsa ke gerbang masa depan mereka yang lebih baik.

“Pada fase ini, anak akan memiliki potensi yang luar biasa mengembangkan kemampun berbahasa, ketrampilan berfikir dan pembentukan stabilitas emosional,” katanya.

Andi Ruskati memberi gambaran, pengalaman anak pada tahun-tahun pertama akan menentukan, apakah anak mampu menghadapi tantangan dalam kehidupannya dan apakah dapat menunjukkan semangat belajar yang tinggi serta berhasil dalam pekerjaan.

“Anak-anak yang mendapatkan layanan PAUD biasanya akan memiliki kemampuan pra akademik yang lebih baik, IQ dan skor akademik meningkat tajam, kemampuan menyelesaikan tugas dan kerja sama dalam kelompok,” tukas Andi Ruskati yang juga Anggota DPR RI ini. (sur/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here